Kamis, 04 Agustus 2011

Fungsi Perangkat Keras Jaringan

1. Komputer Server
Komputer Server adalah suatu unit komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer. komputer Server akan melayani seluruh client atau workstation yang terhubung ke jaringannya.












Terdapat tiga Macam macam server antara lain yaitu :
  1. Server Web
    Server Web adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file-file dari browser Web. Server web biasanya disebut juga sebagai HTTP (Hypertext Transfer Protocol ) sever .
  2. Server Applikasi
    Server Applikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML (Hypertext Markup Language )
  3. Server Database
    Server Database adalah peangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server applikasi. Untuk membuat applikasi web berbasiskan database, komputer atau sistem jaringan harus memiliki paling tidak satu buah sistem database. Jenis database yang bisa digunakan antara lain misalnya: Ms Access, SQL Server, Oracle atau MySQL. 
http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMP/TIK/Fungsi%20Perangkat%20Keras/

 2. Workstation
             keseluruhan komputer dalam suatu jaringan yang terhubung ke file server dan memanfaatkan sumber daya yang ada di server disebut workstation. Sebuah workstation minimal mempunyai kartu jaringan, aplikasi jaringan, dan kabel untuk menghubungkan komputer lain.

3. Kabel
             Dalam workstation akan berfungsi bila ada kabel yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lain. jenis kabel yang digunakan sebagai berikut.
     1.) Kabel koaksial
     2.) Kabel UTP (Unhielded Twisted Pair)
     3.) Kabel filber optic

4. Network Interface Card (NIC) atau kartu jaringan
             Kartu jaringan merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar