Rabu, 10 Agustus 2011

Mengenal internet

Internet merupakan jaringan informasi global. Kamu dapat memperoleh berbagai informasi dunia hanya bermodalkan Internet. Mulai dari berkorespondensi dengan teman, mencari berita, mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan atau informasi beasiswa, hingga bermain games.
Internet kerap disebut jaringan dunia maya. Hal ini karena hanya berupa sinyal jaringan yang tidak tampak namun mengantarkan informasi. Maya artinya tidak tampak mata atau imajiner.
Perkembangan Internet bermula dari sebuah jaringan telepon bawah laut pertama di dunia pada tahun 1858. Ketika itu kabel telepon itu melintasi Samudra Atlantik dan membantu warga Amerika Serikat dalam berkomunikasi.
Sayangnya, saluran telekomunikasi itu hanya beroperasi selama tiga hari karena teknologinya masih sederhana dan tidak mampu menahan badai. Perkembangan Internet kemudian berlanjut dengan penerbangan sebuah satelit Bumi pertama bernama Sputnik milik Rusia pada 1957. Selain saluran telepon bawah laut, satelit kemudian dipergunakan dalam operasionalisasi Internet kelak.
Internet baru muncul pada tahun 1972. Ketika itu dikembangkan seorang ilmuwan Amerika Serikat bernama Larry Roberts yang berhasil membuat telepon visual jarak jauh pertama (teleconference).
Konsep ini milik Larry Roberts itulah yang kemudian dikembangkan dan dipakai hingga kini. Untuk memasang Internet di rumah, kamu harus memiliki saluran/ jaringan
telepon baik kabel maupun seluler. Yang kemudian kamu hubungkan dengan komputer atau laptop. Di dalam komputer atau laptop tadi juga harus memiliki perangkat modem dial up dan program browser (misalnya Window Explorer atau Mozilla). Fungsi browser adalah untuk mencari informasi dari berbagai website atau yang kerap disebut situs.
Dengan Internet, kamu ibarat menggenggam dunia. Kamu dapat menambah wawasan, mencari sesuatu hanya berbekal Internet. Saking hebatnya Internet, Wakil Presiden Amerika Serikat Al Gore pernah berkata bahwa lnternet adalah lalu lintas informasi super cepat dan tanpa halangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar